Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Kukuh Ribudiyanto tengah menjelaskan mengenai iklim di Indonesia [JX/Sop]
    Jakarta, Jia Xiang – Fenomena langka turunnya salju di Mesir dan Vietnam merupakan kejadian luar biasa yang tidak pernah terjadi di wilayah yang tergolong mempunyai suhu udara panas. Kendati demikian, Indonesia tidak akan mengalaminya.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Kukuh Ribudiyanto mengatakan kepada Jia Xiang Hometown di kantornya di Jakarta, Kamis (19/12/13) bahwa fenomena turunnya salju di Mesir dan Vietnam merupakan kejadian akibat dari anomali cuaca ekstrim.

Ia menjelaskan, kejadian ini tidak akan mengubah iklim cuaca secara menyeluruh di semua kawasan dunia karena setiap wilayah mempunyai geografis dan sistem cuaca yang berbeda-beda. “Di Indonesia sendiri tidak mungkin terjadi turun salju karena anomali cuaca yang berbeda.  Yang terjadi di Indonesia hanya ada di pegunungan Jayawijaya, Papua. Itu karena pegunungan berada di suhu udara di bawah titik nol,” paparnya.

Seperti diketahui hujan salju turun di sekitar Kairo, Ibu Kota Mesir setelah badai salju menghantam Israel dan Suriah. Ini adalah peristiwa sangat langka karena sebelumnya belum pernah dilaporkan terjadi hujan salju di Mesir dan hal serupa juga terjadi di Kota Sa Pa, di utara Provinsi Lao Cai, Vietnam, yang mendadak turun salju sangat lebat sehingga menumpuk di jalan dengan tebal lebih dari 5 cm. [Sop/B1]

LOOK...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment